24 September 2017

Menghitung Kebisingan Dua Sumber

Jika ada 2 mesin sumber kebisingan yang saling berdekatan, tiap mesin sudah diketahui tingkat kebisingannya masing-masing. Bagaimanakah cara termudah untuk mengetahui total kebisingan yang dikeluarkan oleh kedua mesin tersebut saat menyala secara bersamaan?

Tekanan suara dalam decibel (dB) dihitung dalam skala logaritma, sehingga tidak bisa ditambah atau dikurangi seperti halnya penjumlahan atau pengurangan dalam skala aritmatika.

Jika masing-masing mesin mengeluarkan kebisingan 90 dB, dan mesin kedua ditempatkan disebelah mesin pertama, maka kombinasi kebisingan kedua mesin tersebut saat dinyalakan bersamaan adalah 93 dB, bukan 180 dB.

Tabel berikut bisa menjadi acuan untuk menjumlahkan 2 sumber kebisingan yang saling berdekatan:


Cara penggunaan tabel diatas:

Pertama, tentukan selisih kebisingan kedua sumber yang mau dihitung, pilih di rentang angka yang ada di kolom kiri.

Kedua, geser ke kolom kanan dalam satu baris yang sama, didapat angka yang telah ditentukan.

Ketiga, Jumlahkan angka yang telah ditentukan itu ke sumber kebisingan yang tertinggi.

Sebagai contoh, pada kasus kita di awal, ada 2 mesin yang mengeluarkan kebisingan 90 dB:

Pertama: selisih antara kedua sumber kebisingan tersebut adalah 0 (nol) dB (90 – 90 = 0), di kolom kiri ada di baris pertama.

Kedua: angka yang telah ditentukan di kolom kanannya dalam satu baris yang sama adalah 3

Ketiga: jumlahkan angka 3 ke nilai kebisingan yang tertinggi, dalam hal ini keduanya sama 90 dB, sehingga total kebisingan jika kedua mesin itu menyala secara bersamaan adalah 90 + 3 = 93 dB

Mudah bukan?

Jika perbedaan antar kedua sumber kebisingan itu lebih atau sama dengan 10 dB, maka angka yang perlu ditambahkan adalah 0 (nol). Maksudnya, tidak diperlukan lagi faktor penyesuaian, karena penambahan sumber kebisingan yang lebih rendah tidak akan membuat perbedaan yang bermakna pada nilai kebisingan yang akan diukur.

Sebagai contoh, jika mesin A memiliki tingkat kebisingan 95 dB dan ditambahkan mesin B yang mengeluarkan kebisingan 80 dB, maka total kebisingan yang ada akan tetap 95 dB.

Postingan terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar